Minggu, 03 Maret 2019

Taman Baca "AYO", TERUS BERGERAK demi meningkatkan LITERASI MASYARAKAT KAMPUNG JOHSIRO dan HARARO

Moswaren-Sorong Selatan.

Kompetensi literasi adalah salah satu kemampuan yang penting bagi individu dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup. Artinya tanpa kompetensi literasi yang memadai, tidak mungkin bagi seseorang untuk meraih sesuatu yang bermanfaat bagi peningkatan mutu hidupnya dan atau kesejahteraannya.
Hari Pertama TBM "Ayo"
Dasar dari literasi adalah kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, dan menghitung. Fasilitas literasi seperti perpustakaan keberadaannya sangat terbantas tanpa terkecuali bagi daerah terpencil, seperti di daerah kami Sorong Selatan, Papua Barat. Jika keberadaanya ada, posisinya pun hanya ada satu atau dua saja, itupun berada di ibukota kabupaten, atau perpustakaan sekolah yang otomatis pengunjungnya hanya warga sekolah tersebut. Melihat kendala kendala tersebut kami inisiatif mendirikan sebuah taman baca masyarakat yang kami beri nama taman baca AYO.
KENAPA DIBERI NAMA TAMAN BACA AYO ?
Kegiatan terkini dari TBM "Ayo"
Taman Baca AYO dalam Bahasa kampung Johsiro/Hararo yang artinya Matahari. Kami berharap sesuai dengan namanya Taman Baca Ayo dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat yang ada di kampung Johsiro dan Hararo khususnya dalam budaya Literasi.
KEBERADAAN TAMAN BACA AYO DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT.
Taman Baca AYO merupakan taman baca masyarakat yang terletak di kampung Johsiro, salah satu kampung yang ada Distrik (Kecamatan) Moswaren, Kab. Sorong Selatan, Papua Barat. Kampung ini terletak berdampingan dengan kampung Hararo dan keduanya masih tergolong kampung sangat tertinggal berdasarkan SK Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KDPDT2).
Mengenal Huruf
Dari segi pendidikan, di kampung Johsiro dan Hararo hanya terdapat sebuah Sekolah dasar yaitu SD Inpres 116 Johsiro untuk melanjutkan ke sekolah menengah pertama (SMP) mereka harus ke ibukota distrik dan jika ingin lanjut ke sekolah menengah atas (SMA) mereka harus hijrah ke ibukota kabupaten (Teminabuan). walaupun di Distrik Moswaren sendiri sudah terdapat sekolah menengah kejuruan (SMK). Perhatian masyarakat terutama para orang tua akan pendidikan anaknya masih kurang karena kebanyakan orang tua  masih mengizinkan anak-anaknya untuk ikut berburu dan berkebun. sehingga beberapa anak harus putus sekolah. Kemampuan literasi dasar membaca dan menulis bagi anak-anak yang masih duduk di Sekolah dasar di kedua kampung ini juga masih rendah, beberapa anak di kelas III SD masih ada belum lacar membaca dan anehnya jika disuruh memilih mereka lebih memilih mencabut rumput dan membersihkan kelas dibanding di suruh mambaca satu atau dua halaman sebuah buku cerita anak. 
Memilih tempat membaca sesuka hati
keberadaan Taman baca AYO yang didirikan sejak Agustus 2018 yang awalnya dengan bermodal beberapa buah buku pinjam dari perpustakaan SD inpres 116 Johsiro akhirnya dapat memperbaiki minat baca anak-anak di kedua kampung ini, secara berlahan anak-anak sudah tidak perlu lagi disuruh membaca, ketika hari Sabtu sore (hari taman Baca AYO buka lapak di lapangan sekolah) mereka dengan senang hati ke sekolah untuk membaca buku. 


Penerangan dengan Lampu tenaga Surya
Penerangan dengan lilin
Ketika malam tiba, anak-anak berdatangan ke sekretariat Taman Baca AYO yang terletak di samping Sekolah. Sekilas info, kalau di kampung kami belum ada listrik, dan genset kampung yang menjadi sumber penerangan kami di malam hari sementara rusak jadi kami hanya menggunakan lilin sebagai penerangan dalam membaca.
INDAHNYA BERBAGI
"Sebaik baik manusia adalah yang paling bermanfaat Bagi orang lain"
Bapak/Ibu dan kakak2 semua..
Mungkin punya buku pelajaran terutama buku belajar membaca untuk anak SD, puzzle, buku sains, pengetahuan umum, buku motivasi, kesehatan, kamus bergambar Bahasa Indonesia/Inggris, Majalah Anak - anak /remaja/keluarga, dan koran yang mungkin tidak digunakan lg di kantor dan di rumah bisa di donasikan ke taman baca kami.

Buku yang di donasikan akan akan sangat bermanfaat untuk masyarakat terutama anak - anak yang ada di kampung Johsiro dan Hararo, Distrik Moswaren, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat untuk cinta membaca.
BAGAIMANA CARA MENGIRIMNYA?
Bapak/ Ibu dan Kakak2 semua...
Tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman karena Taman Baca "AYO" Sdh terdaftar pada web. Donasi Buku Kemendikbud dan Pustaka Bergerak. Jadi pengiriman bersifat GRATIS melalui seluruh Kantor Pos (bukan Agen pos) yang ada di Indonesia di tanggal 17 di setiap bulannya. Dengan ketentuan pengiriman, antara lain:
  1. Paket maksimal 10 Kg, minimal 2 Kg;
  2. Jangan lupa Menulis Kata *BERGERAK* pada bagian atas Paket/samping Alama;
  3. Pengiriman akan dilakukan pada tanggal 17 setiap bulan berjalan.
Berikut alamat Sekretariat Taman Baca "Ayo" :

Taman Baca "AYO
D/a. Perumahan guru SD Inpres 116 Johsiro
Kampung Johsiro, Distrik Moswaren
Kab. Sorong Selatan, Papua Barat
Kode Pos : 98454

Contact Person :
SMS/ WA : 085241951195
Telegram :
Email : wahyunizikran@gmail.com
Pengelola : WAHYUNI

TERIMAKASIH..
SALAM LITERASI
SALAM MENCERDASKAN ANAK INDONESIA

By Wahyuni

0 komentar:

Posting Komentar